Selasa, 28 April 2009

UAN-ku sayang... UAN-ku malang...

Akhirnya UAN slesai juga. Thank’s Lord dah ngasih kelancaran slama UAN. Baik itu kelancaran internal maupun eksternal. Hahha

UAN macam apa c kmaren. Serius dah, hawa UAN sewaktu gw UAN SMP th gak terasa kemaren. Masa bisa nanya2 ma temen, bahkan gw tereak2 manggil Ari yg dipojokan aja no problemos. Paraaaah, klo gitu apa bedanya UAN ama Ulangan Smester??

Gak mood nulis panjang2 gw. Trauma gara2 tulisan yg dah gw ketik panjang lebar langsung hilang dalam hitungan menit...

Oyah, mau kritik soal sistem UAN skarang nih. Knapa ya banyak banget kecurangan dalam UAN? Mulai dari longgarnya penjagaan pengawas, leluasanya murid2 wadh saling tanya, sampe ada kebocoran jawaban. Yeah, gw gak munafik gw juga menikmati situasi ini. Tapi kok begini mudahnya kita bisa dapetin surat lulus?

Standard nilai maha tinggi yg didongkrak ampe 5,5 , amplop soal yg disegel seolah menjamin kerahasiaan isi soal, penjagaan dari polisi yg mungkin hanya sekedar lewat aja, sampe tampang pengawas sejudes nenek lampir juga semuanya terasa percuma aja. Gak ngepek sama skali.

Klo gitu manfaat UAN pun dipertanyakan. Pentingkah ada UAN klo tujuan UAN itu sendiri gak terpenuhi. Bukankah UAN bertujuan untuk menghasilkan generasi bangsa yg berkualitas dengan ilmu yg matang? Bukannya dengan UAN kita bisa ngetes seberapa layakkah kemampuan kita dalam menguasai pelajaran yg slama ini kita pelajari? Tapi klo tujuan dari UAN itu dicapai dengan proses yg gak jujur, gimana kita bisa memaksimalkan manfaat UAN itu sendiri? Apa gak lebih baik klo gak ada UAN aja skalian?

Menurut gw, klo smuanya tetep berjalan kayak gini, malah makin membobrokkan kondisi Indonesia, terutama dalam konteks ekonomi. UAN kan butuh biaya yg sama skali gak sedikit. Gak tertutup kemungkinan adanya korupsi sana sini. Blom lagi sgala macam kecurangan pun butuh uang untuk tutup mulut kan? Nah, apakah bisa gw simpulkan UAN adalah puncaknya ajang setaun sekali untuk berkorupsi ria mengatasnamakan pendidikan?

Skali lagi, gw gak munafik ama apa yg udah gw alamin slama UAN kmaren. Gw juga enjoy2 aja nikmatin dirty little sin itu. Tapi... Rasa yg ngeganjel tuh masih ada. Apa ya? Jadi ngrasa bersalah gw...

Udah gitu banyak juga yg stres biz UAN. Hmmm, gak gila juga c, tapi MENGGILA. Ada yg nangis, ada yg tawa2 bae, ada yg melompat2 kea babi sperti yg gw lakukan. Yeah, smua akibat soal2 yg disajikan pun menggila. Apalagi MTK. WOWS, bner2 bikin gw pen garuk2in th muka yg bikin soal pake golok. Susah geela. Pak AG aja mpe bilang “Soal yg kemaren sulit ya? Jauh dari perkiraan dan latihan2 soal slama ini,”
Yeah, entahlah maksudnya menghibur ato apa. Tapi rasanya pen gw ajakin TOSS PERUT aja bapaknya. Hahahahahaha

Oyah, skedar info numpang lewat, gw gak dapet UNDIP maupun UGM. Yeah, tapi langkah gw gak akan berenti sampe sini. Keep spirit Ambar!!

Tapi skarang gw bingung. It’s better if I choose Pshycology or Journalistic? Gw suka kerja yg terjun ke lapangan langsung kea jurnalis, tapi gw juga bakal bersorak girang klo gw bisa masuk dan mempelajari ilmu psikologi sewaktu kuliah nanti.

Errr, gw harus pilih yg mana? Apakah jadi psikolog yg terjun langsung mencari pasiennya di lapangan, atau jadi jurnalis yg melaporkan kondisi jiwa orang. Nah! Sepertinya TIDAK untuk keduanya.

***PhIzZZ, LUbPh, N SmIlEzZz***

4 komentar:

Matt Green mengatakan...

ahh, seharusnya banyak bersukur, mbarr.
skul gua mah sepiknya bisa banget. anak2nya lulus semua tapi dengan nilai pas-pasan..
gua juga mikir kea gitu. apa guna uan di wilayah jakarta dan sekitarnya? beruntunglah kita ga tinggal di luar pulau jawa..
temen gua di aceh katanya skulaannya yang lulus cuma 3 orang. ntu pun yang oon smua. paraaahhhhh...
indonesia.
ada yang begini, ada yang begitu. ada yang adil, ada juga yang kaga.
mo jadi apa bangsa ini?
pantes aja di bilang nusantara.
wahahahaha...

Shintung mengatakan...

jurnalistik msknya ilmu komunikasi kan ya?

uda ambil aja.

serem amat psikolog nya elo.

Ambaranie Nadia K.M mengatakan...

@ mamat : ho'oh c mat. tapi rasanya gak puas aja ama hasil gak jujur gni.

udah gitu kedepannya malah bikin generasi Indonesia makin bego. Orang bego aja bisa lulus dengan gampang, tanpa peduli persaingannya ama orang pinter.

smuanya serba gampang ya sekarang...

Ambaranie Nadia K.M mengatakan...

@ shintung :

ho'oh, jurnalis masuknya komunikasi.

ya calon2 pasien psikolog th kea lo, Tung