Selasa, 24 September 2013

Angkernya Jadi Anker

Akhir-akhir ini gw kecanduan naik Commuter Line. Baru 3 kali trip pulang pergi sih. Awalnya modal nekat ke Wisma Antara buat interview. Tadinya mau turun di Gambir, tapi ternyata nggak berhenti. Jadinya turun di Gondangdia. Kesan pertama naik CL aja udah bikin gw ketawa-tawa.

Kalau di jam-jam berangkat kerja, kondisi CL emang nggak manusiawi. Lebih nggak manusiawi daripada 132, patas jurusan Lebak Bulus yang biasa gw naikin kalo sore-sore. Dikirain 132 udah paling kaco, sampe mesti menempatkan diri sebagai puzzle bernafas. Bener-bener kayak puzzle yang menempatkan seluruh sudut tubuh di celah yang tepat. Saling mengisi sama penumpang lain sampe nggak ada space kosong.

Pernah lagi apesnya gw, berdiri mepet di pintu depan. Badan senderan di pintu, kaki kanan di step paling bawah, kaki kiri di step nomer 2. Tangan pun nggak bisa pegangan kemana-mana lagi. Sampe yang kalo tuh pintu dibuka, gw langsung jatoh. Ada kalanya gw mau nangis sambil berdiri desek-desekan di 132. Udah capek pikiran, pegel, sesek, trus udah penuh masih aja dipaksa masuk-masukin aja. Orang kan kesel. Mau ngomelin abangnya, tapi takut disembur balik. Belom tentu ada yang mau belain :(

Commuter Line, suatu hal yang baru buat gw. Exciting sekaligus menyiksa dengan cara baru. Kalo di 132 posisi puzzle, di CL malah badan kita bisa sampe squeeze. Bahu mengkerut, lemak-lemak berlebih pun mendelep ke dalem. Saking rapetnya sampe nggak bisa doyong pas keretanya ngerem. Untung gw saat itu dikelilingi manusia-manusia bertubuh raksasa. Jadi gw senderan di bahu atau punggung orang pun mereka kayaknya nggak berasa.

Tapi kemaren tuh pas gw pulang dari kampus, kan iseng pengen nyobain naik dari Lenteng Agung. Ternyata timingnya nggak pas. Gw sampe di stasiun jam 8, dan ternyata itu kereta lagi rame-ramenya. Tapi nggak sepadet waktu pertama kali gw naik CL sih, masih bisa doyong. Gw masuk kan tuh ke gerbong cewek. Dan itu kocaknya. Setiap kereta ngerem, badan kita kebanting-banting gitu. Kali ini dengan tambahan jeritan-jeritan ala cewek. Lucu aja dengernya. Kalo abis kebanting ke kiri, gw langsung banting badan ke kanan. Kelempar ke depan, gw dorong lagi badan gw ke belakang. Mau ngomelin ibu-ibu sebelah juga gimana, doski juga dibodi sama yang disebelahnya.

Kayaknya nih, rasanya belom afdol jadi Anker (Anak Kereta) kalo belom keseret-seret sampe pintu keluar. Dan itu gw alami kemaren. Tadinya gw ada di tengah lautan wanita-wanita penjerit itu kan. Trus pas kereta berhenti, nggak taunya yang keluar banyak. Gw nggak bisa pegangan kemana-mana jadinya hanyutlah gw dalam arus wanita-wanita kebelet pulang itu sampe pintu otomatis. Sampe gw bungkukin badan baru gw berhenti keseret. Keras men!!

Emang sih, dengan naik CL kita jadi nggak stres berhadapan sama jalan raya yang macet. Sering juga di tol stuck karena macet. Dari segi waktu pun nggak beda jauh. Tapi sih gw ambil praktisnya aja, jadi nggak perlu banyak naik angkot dan meminimalisir terjadinya situasi ilang arah yang sering gw alami. Karena gw keseringan nyasarnya daripada langsung nyampenya. Padahal dari rumah udah googling rute tempat yang dituju. Masih aja suka kayak jetlag gitu.

Tapi lama-lama nyasar ini jadi hobi yang cukup nyenengin. Dengan nyasar gw jadi tau tempat yang nggak kepikiran bakal gw temuin. Dengan nyasar gw jadi tau angkot arahnya kemana aja. Dan sensasi nyasar itu seru, kayak Dora yang kerjaannya kepo nanya-nanyain tempat mulu. Dan nyasar itu enaknya sendirian. Yep! Lebih berasa aura turisnya.

Kalo uang gw unlimited, mungkin kerjaan gw jadi pelancong tempat-tempat seru di seluruh pelosok Indonesia. Sendirian tentunya. Bukannya gw ansos atau kelamaan ngejomblo (eh...), tapi kalo jalan-jalan emang lebih enak sendiri menurut gw. Trus ketemu orang-orang baru yang ketemu disitu aja, tanpa komitmen, dan misah lagi saat urusan selesai. Ya nggak, sih?

Tidak ada komentar: