Sabtu, 21 September 2013

Misteri Hilangnya 20 Kilo

Yaaay, gw kembali. Setelah kemaren-kemaren disibukkan dengan pekerjaan full time gw setelah resmi menganggur.

Apa itu?

Download gambar-gambar makanan.

Ribuan gambar udah gw kumpulin sejak ngekos. Gambar-gambar surgawi inilah yang bikin gw survive kalo ngidam aneh-aneh di kosan, terutama pas malam hari. Trust me, ini bakal sangat membantu dalam proses diet. Karena saat lo makan richeese nabati sambil ngeliatin gambar lasagna, itu richeese berasa lasagna men. Saat lo minum air putih aja, berasa nenggak eskrim cair. Rasakan sensasi mencabik daging steak saat lo hanya sanggup mencabik roti tawar. Itu sih ngaruh di gw...

Sebagian koleksi indehoy gw

Lalu apakah misteri hilangnya 20 kilo itu berkat gambar-gambar makanan ini? Tentu tidak. Karena berat badan gw baru mulai turun sejak PKL Desember kemaren. Berarti sekitar 9 bulan lalu. Semacam proses hamil yang di reverse gitu.

Jadi gini, gw nggak tau awalnya gimana dan kenapa sampai tiap kali gw makan gw akan selalu mengeluarkannya lagi setelah makan. Ini bulimia gitu bukan sih? Tapi pas gw googling profil bulimia, indikasi gw nggak mengarah kesitu. Gw muntah bukan karena kesengajaan. Perut gw ngerasa full setiap abis makan, sesedikit apapun makanan yang masuk. Bahkan tiap sendawa aja keluar. Gw sempet stres sama keadaan ini. Akhirnya sampe Juni gw cuma sanggup makan 2 potong tempe atau perkedel warteg sehari. Itu pun belom jamin makanannya nggak keluar lagi.

Selama gw sakit ini, udah 3 dokter yang gw sambangi. Pertama tuh waktu awal mual-mualnya muncul. Dianter Lani, akhirnya gw check up ke Prikasih. Kata dokternya asam lambung gw naik. Pemicunya bisa jadi karena pikiran. Trus gw mikir, emang gw mikir apaan aja? Trus tiba-tiba gw sadar, gw mikir lagi mikirin aja pake mikir segala. Halah! Dokternya hebat nih nebaknya.

Dikasih obat kan tuh. Banyak bener. Tapi ternyata setelah obatnya abis pun gw masih kambuhan. Nggak biasanya kayak gini. Sebelumnya sih sebenernya sering muncul penyakit begini. Tapi 2 hari 3 hari juga pulih. Dan nggak perlu ke dokter juga, pake obat maag warungan juga sembuh.

Akhirnya nyokap nyuruh gw check up lagi ke dokter deket rumah. Itu sekitar bulan Februari atau Maret gitu dah. Dokter kedua pun mengatakan hal yang sama "Emang kamu mikirin apaan sih?". Lagi-lagi gw mikir, mikir apaan ya?

Obat kedua pun habis tapi gw tak kunjung sembuh juga. Trus gw ngebatin, bodo amat lah. Nggak sempet ngurusin beginian. Saat itu emang gw lagi sibuk ngurusin laporan PKL dan kepentok deadline majalah.

Baru-baru ini aja gw mikir (mikir lagi), mungkin ini pemicu asam lambung gw naik. Mulai PKL, penyelesaian laporan PKL yang mesti bolak balik revisi dan ngebatin mulu dapet pembimbing macem Pak Hadi, stres sama proyek majalah yang belom kelar, dilanjut lagi dengan penolakan outline skripsi sampe 3 kali. Berlanjut ke pengerjaan skripsi sampai sidang. Kalo dipikir-pikir, wajar gw kehilangan bobot sampe segini banyak. Baru sekarang ini gw ngerasa tenang dan nggak ada pikiran yang berat-berat amat.

Setelah skripsi gw udah kelar tinggal nunggu sidang, akhirnya gw nurutin emak gw untuk check up ketiga ke dokter berbeda. Udah ogah-ogahan banget ke dokter lagi, karena gw pikir bakal sama aja prediksinya. Asam lambung. Kebanyakan pikiran.

Hasilnya? Tepat sekali perkiraan gw. Cuma ada sedikit pencerahan, dokter bilang kemungkinan lambung gw luka. Kalo obat yang dikasih ini habis tapi belom sembuh juga, gw mesti balik dan di endoskopi. Kata dokter itu tuh selang sepanjang 2 meter yang ujungnya ada cam buat deteksi penyakit organ dalem, dimasukin lewat mulut. Gw pun syok, perut gw bergejolak. Karena geli bayangin tenggorokan dan perut gw bakal diubek ubek sama selang freak itu, gw pun bertekad gw-harus-sembuh!

Tapi ternyata nggak sembuh juga. Obat abis, tapi ya masih gitu aje. Nyokap udah ngedesek gw buat balik lagi ke rumah sakit, tapi gw mohon-mohon biar nanti aja sembuh sendiri.

Karena kepalang tanggung udah mengecil, sekalian aja gw nyoba rutinin olahraga dan diet. Kalo dulu boro boro diet, 2 hari aja udah nggak tahan liat martabak keju yang meruah ruah. Kalo orang liat makanan gw sekarang, pasti ngerasa kasian. Dulu gw yang pemakan segalanya, sekarang kalo ke kampus bawa bekel brokoli, buncis, dan kacang merah. Kalo sarapan kadang pake pisang, kadang omelet seledri. Gw juga usahain joging tiap 2 hari sekali. Walaupun kebanyakan bolosnya.

Tersiksakah gw? Nggak terlalu.

Sekarang gw terbiasa untuk menjauhi nasi, ayam, jagung, dan makanan mengandung gula tinggi. Sesuai petunjuk buku diet golongan darah B. Tapi ada pengecualian buat tempe. Gw nggak bisa nolak tempe sebesar apapun usaha gw! Padahal segala produk kedelai termasuk yang dilarang untuk golongan darah B, karena katanya mengandung lectin yang menghambat jalannya aliran darah.

Diet gw sih nggak begitu ketat. Kadang gw masih doyan jajan sosis bakar, kadang gw juga masih suka makanin coklat. Tapi gw jaga porsinya aja. Berat terakhir gw 54 kilo. Gw harap bisa turun lagi paling nggak sampai stuck di angka 50 aja.

Sebenernya gw malu nampilin foto before-after. Palingan ntar juga gw apus.
Macem macem reaksi orang pas ngeliat gw. Waktu bukber kemaren, Nike ngejerit-jerit liat gw. Nenek sepupu gw malah nggak ngenalin. Lebaran kemaren kan seperti biasa silaturahmi ke rumahnya. Padahal lagi ngobrol-ngobrol gitu, tiba tiba nenek nanya ke nyokap sambil nunjuk gw "Iko sia? (Ini siapa?)"
Gw langsung galau. Gw nggak dikenalin.
Trus nenek bilang gini "Dikirain bawa siapa ini. Dulu kan gendut ya, item..."
..................................................................................................................................................
Kalo ada backsoundnya, udah ada suara ambulance abis nenek ngomong gitu. However, yang dibilang gendut dan item itu kan GUAH :(

Sampe saat ini pun masih banyak aja yang mempertanyakan kondisi gw. Sampe bosen sendiri. Kadang kalo males jawab gw bilang aja
"Iyalah, kan Barbie. Masa gendut..."
Tapi jawaban serius yang biasa gw lontarkan kalo lagi baik hati, gw cuma bisa bilang
"Jangan deh, mesti sakit dulu."

2 komentar:

Maria Anastasia mengatakan...

ooh begitu ceritanya.. gw juga kaget yg waktu karokean liat lo menyusut.. miris juga sih mesti sakit dulu..
itu lo asupan karbohidratnya dari mana?

Ambaranie Nadia K.M mengatakan...

Pake kacang merah mars. Kadang kadang makan kentang juga. Tapi gak lemes kok, masih sanggup karokean 3 jam :p