Minggu, 24 November 2013

Hal Penting Saat Belanja Pakaian Bekas di Pasar Senen

Siapapun suka belanja dengan harga miring. Apalagi cewek-cewek ya, kan? Termasuk gw. Gw itu termasuk orang yang nggak tau diri kalau belanja. Dulu sih gw terlalu loyal sama diri sendiri dalam hal makanan. Gak heran badan gw kayak bawang bombay. Tapi sekarang ‘gila jajan’ nya gw nyamber ke soal pakaian. Dulu yang gw cuek soal penampilan, sekarang jadi suka liat baju-baju lucu. Oke, itu sih sebenernya karena baju-baju lucu memang hanya tercipta untuk cewek-cewek berbodi papan. Sementara baju lucu untuk kaum big size hanya tercipta untuk wanita-wanita banyak uang karena emang mahal-mahal. Oleh karena itulah, gw mencari alternatif baju gemes murah tralala di sela-sela kepadatan Pasar Senen.

Pertama kalinya gw kesana, waktu awal-awal kuliah, khilafnya gw tiada tara. Ada 20 potong pakaian hasil buruan gw, include kaos, kemeja, rok, dan blazer. Cost yang gw keluarin untuk itu semua cuma 200.000. Dan gw merasa jadi gadis kere tapi boros paling bahagia di dunia (dunia gw). Setelahnya gw berkali-kali lagi kesana, dan herannya masih ada aja baju lucu yang bikin gw lupa diri. Pasar Senen tuh emang surganya para pecinta pakaian bekas-tapi-lucu-tapi-murah, apalagi yang big size.

Setiap ke Pasar Senen, gw nggak pernah belanja sampai di atas 200.000. Range harga baju bekas yang biasa gw beli di sana mulai dari goceng sampe 25 rebu. 25 rebu itu udah dapet blazer, loh. Dan pernah gw beli blue jeans yang harganya 20.000 sebiji. Wew bhetz kaaaaannn. Itulah kenapa Pasar Senen tuh nyandu banget buat dikunjungi. Kalau ada duit lebih.

Dari sekian kali kesana, gw udah nemuin trik-trik buat belanja bahagia dan sejahtera di sana. Mau tau? Nih gw bocorin dikit. Eh, banyak sih.

1. Sarapan dulu
Jalankan poin ini dengan patuh! Ini suatu kewajiban buat yang pengen berburu di Pasar Senen. Perut kita harus keisi dulu, karena bakal jutaan watt energi yang mesti dikeluarin di sana. Jangan anggap enteng, belanja di Pasar Senen ini termasuk kategori olahraga level kekuatan menengah keatas. Bayangin aja gini, lo adalah Kimberly yang tiba-tiba dikepung oleh pion-pion monster suruhan Lord Zedd. Lo nggak bakal bisa berantem kalo nggak berubah jadi Power Ranger Pink, kan. Nah, ibaratkan makanan itu adalah senjata rahasia sebelum berubah wujud jadi supergirl, karena yang kita hadapi di sana adalah monster-monster kelaparan pemburu baju bekas juga. Sediain juga air mineral di tas, karena bakal sumpek dan dehidrasi berat di dalem pasar. Rekor terlama gw bertahan di kerumunan ini sekitar 2 jam 15 menit.

2. Baju gembel berkantong banyak
Ya nggak yang compang camping juga. Simpel aja, kaos sama basic jeans. Kalau kita pake baju bagus, yang ada malah dimahalin harganya. Oh iya, umpetin dompet dan hape di tempat terpencil dalem tas. Pisahkan uang sesuai pecahannya di kantong-kantong celana. Misalnya gocapan di kantong kiri depan, gocengan sama cebanan di kantong kiri belakang, dan pecahan ribuan di kantong kanan belakang (semoga nggak ada pencuri yang baca). Kalau uangnya kegedean, pecahin jadi recehan. Karena suka ribet kalau nyari kembalian. Nggak perlu juga ngeluarin hape karena nggak akan berguna juga saat lagi panik liat hecticnya susasana kios. Nggak sempet ngetweet, nggak sempet ngepath lokasi, apalagi twitpic. Hell No.

3. Tahan khilaf
Iya,iya. Gw tau. Banyak banget baju lucu yang beli-able di sana. Nggak usah jerit-jerit juga “OWEMJIIIHH CUMA GOCEEEENGGG”. Tapi perhatikan juga kualitasnya. Apakah ada yang robek, warnanya belang, atau nggak pas ukurannya. Pikirin juga apakah baju lucu itu bakalan kepake dalem idup lo? Beberapa kali gw nyesel pas ngeliat lagi baju yang gw beli. Ada yang modelnya terlalu aneh kalo dipake sehari-hari, malah ada juga yang nggak muat. Itu semua karena gw terlalu napsu ngeliat baju lucu dikit. Jadi, sebelum bayar baju di abangnya, make sure berulang kali baju itu pantes dibeli apa nggak. Cek juga kualitas dan daya gunanya.

4.  Bongkar! Bongkar!
Bongkarlah seluruh tumpukan yang bisa dijangkau. Tingkatkan kepekaan dan kewaspadaan mata saat ngescan barang buruan dari kios ke kios. Jangan luputkan perhatian kita sekecil apapun dari deretan atau tumpukan pakaian karena biasanya yang lucu-lucu suka nyempil di tempat terduga. Kayak nyari cowok gurih gitu.

5. Be a smart green-shopper
Bawa tas yang gede. Kalau perlu bawa tas gunung yang muat 2 balita masuk itu. Ini sih mengantisipasi keribetan saat kita belanja terlampau banyak, kayak gw yang sampe 20 potong itu. Karena tiap belanja di kios pasti tuh baju dibungkus pake kresek. Mulai sekarang, biasakan untuk menolak kantong plastik. Karena bisa-bisa kita pulang nggak cuma bawa baju, tapi juga tumpukan plastik kresek yang nggak ramah lingkungan.

6. Nikmati suasana sekhusyuk mungkin
Pokoknya saat kita belanja jangan sambil main hape atau dengerin lagu karena akan mengurangi ‘shopgasm’ nya. Nikmati kicauan berisik abang-abang kios yang bersahutan dan celotehan ibu-ibu kompetitor kita yang nyebelin. Itu akan jadi kesan tersendiri sepulangnya kita dari sana.

7. Jadilah petarung yang tangguh.
Lawanlah para kompetitor meskipun badannya besar, bau dan mulutnya berisik. Kalau baju inceran kita diambil sama orang, jangan ragu buat rebut kembali. Bersikaplah bagai pahlawan saat merebut kemerdekaan dari para penjajah. Tapi jangan bawa bambu runcing segala.

8. Cuci cuci cuci
Baju bekas yang layak pakai dan unyu-unyu disana tuh bagai mutiara dalam lumpur. Kita harus sabar menciduk lumpur (bongkar tumpukan pakaian), memilah diantara lumpur liat (baju-baju kusem yang lengket), trus nemuin tiram potensial, tinggal poles deh (dicuci), taraaa baju lusuh namun potensial itu bereinkarnasi jadi baju lucu layak pakai. Untuk nyucinya pun ada triknya. Rendem tumpukan baju di ember berisi air panas semaleman, trus bilas. Rendem pake air panas lagi beberapa jam, bilas lagi. Baru deh ritualnya sama kayak nyuci baju biasa.

9. Hitung pengeluaran dan tingkatkan skill nawar
Itung-itung setelah belanja emang penting, buat menakar kadar konsumtif kita. Kalau ternyata terlalu besar, untuk pembelanjaan selanjutnya kita harus lebih menekan pengeluaran.  That’s why dalam dunia perpasaran dikenal istilah tawar-menawar. Kunci sukses belanja murah bahagia sih adalah pinter nawar. Jujur aja, gw sangat bego dalam tawar menawar dan ngelobi orang. Ujung-ujungnya win-lose solution, dan gw losernya.

Segitu aja yang bisa gw share. Semoga belanja murah meriah lo menyenangkan, guys!

26 komentar:

Stefhani rut mengatakan...

Hai sis, km tau ga skrg kisaran utk cardigan sm jeans cewek tuh harganya brp ?

malanimalani mengatakan...

Nimbrung jawab ya, kebetulan saya juga addict banget belanja kesana :D kalau cardigan harganya dari 5rb - 15rb, kalau rajin bongkar2 yg dimeja bisa dpt cardigan ok2 seharga hanya 5rb ajah. Kalau jeans rangenya 15rb - 50rb.an, semoga info ini membantu and happy huntiiiing

Ambaranie Nadia K.M mengatakan...

Thanks ya Malanimalani udah dibantu jawabin. Persiiiisss hehe.
Biasanya kita dapet yang murah-murah ditenda-tenda yang ngemper di samping terminal. Disitu yang banyak jual jeans murah, cardigan, sama kaos-kaos tangan panjang.

Anonim mengatakan...

Saya juga Senen Maniac, biasanya saya berburu topi dan rompi untuk koleksi, topi yang saya cari cuman satu jenis, yakni Flat Cap aka topi sutradara aka topi seniman. Terakhir saya ngeborong rompi (vest) saya lebih suka menyebutnya Waistcoat sebanyak 40 pcs lantaran harga yang ditawarkan cuman Rp. 2500 / pcs dan bahannya buagus dan kelihatan masih baru, klo di internet dengan barang yang kurang lebih sama berkisar Rp. 500 rb - Rp. 2,1 jt / pcs. Meminjam istilah pedagang di Senen tsb "Kebayang nggak sih Lo...... :D "

Ambaranie Nadia K.M mengatakan...

Weew waistcoat dapet harga segitu nyari di pelosok mananya?

Unknown mengatakan...

perlengkapan gunung kirakira berapa duit gan ??

Unknown mengatakan...

perlengkapan gunung kirakira berapa duit gan ??

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

pasar seninnya yang mana ya? yang pasar senin poncol itu bukan?

Unknown mengatakan...

pasar seninnya dimana say? yang pasar poncol itu bukan ya?

Anonim mengatakan...

Menarik juga dan bisa dicoba nih kapan-kapan :)
Thanks for sharing

Erliya Maya mengatakan...

yang sebrang atrium senen itu kan? yang gedung nya lusuh itu kan? udah lama gak kesana. kt temen udh gak ada bener gak siyh??

R. Adawiyah mengatakan...

Hahaha nice! Gue juga termasuk Senen addict nih, kalo mau nyari dress vintage, kemeja kegedean, blouse vintage aahh surga abis. Harganya murah meriah, kalo gue bilang sih "bawa duit cepet bisa dapet baju sekarung" :D

R. Adawiyah mengatakan...

"Bawa duit cepek bisa dapet baju sekarung" maksudnya hahaha :D #SakingSumringahnyaSampeTypo

Unknown mengatakan...

Yang nulis semangatnya berasa banget. Gokil !

Unknown mengatakan...

jum'at besok hunting bareng yuk guys ke senen ?? , mumpung free day n gajian masih anget juga nihh :D
soalnya kalo ane pegi sendirian kurang pede aje sob..jiaaahh
khusus buat cewe yg doyan hunting di senen juga, gue bayarin dahh, tp jangan rakus2 ,xixixi...
so, buat banteng ya bayar sendiri pastinya .. :)
oh y, yg stay di jakbar jakpus dari pada naek bajaj pantat lo ngebulll gue jemput juga boleh dahh :D

contact gua aje sob... 089615484842

Anonim mengatakan...

Klo bisa saran satu lagi yg harus dimiliki biar lebih afdol klo ke Senen yaitu kemampuan menjahit skedar tingkat permak aja. So pakaian yang murah biasanya cacat (sobek) dan size tidak pas diakali dngn permak sndiri, hasilnya pasti memuaskan (pengalaman sndiri lho). Saya, cowok awalnya ngk bisa jahit tapi setelah melihat tutorial gratisan di internet dan sering latihan sekarng bisa jahit, beli mesinnya juga di sekitaran senen tepatnya di Poncol - Senen seharga Seratus ribuan (kepala mesinnya saja), tapi belinya di lapak ya jgn di kios khusus jual mesin jahit, juga saya servis sendiri berbekal petunjuk dri internet. Semoga bisa membantu teman2 ... :)

Unknown mengatakan...

HAHAHHA ngakak say baca postingan ini. soalnya aku juga pecinta pasar senen.,
malah di gedung pasar senen yg baru, skrg baju ada yg 5 ribu dapet 3 pcs.
wkwkwkwk

makasih say tips tips nyaaaa


kebetulan aku juga jualin baju yg dibeli di senen...
lumayan 5 urbu dapet 3 pcs... dijual nya atuan 20 ribu hahahah.
kapan kapan bolehhh nih belanja bareng

Unknown mengatakan...

wahahahahaha gokil, gue juga pecinta pasnen banget. gue biasa bilang ke temen2 pasar senen itu MORKET alias monday market hahaha. gapernah nyesel belanja disana soalnya murah. suka bgt beli jaket harganya murah bingit njirr cuma 10-30rbuan udah keren. niatnya sebelum bulan puasa gue mau belanja disana ngeborong banyak biar bisa dijual lg. mayan kan jaket parka , topi bucket hat yg lg hits skrg di distro mahal gue bisa jual murah nanti. semoga aja laku. aminn hihihi daripada ngabuburit gajelas mending nongkrong sama teman2 sambil nyari duit. yoi ga :D

Unknown mengatakan...

Kami menawarkan Pakaian Bekas Import luar Negeri, dari Cina, Korea, Guangzou, Jepang, Singapura dll. Kami menyediakan berbagai macam Bal / Karung Pakaian Bekas Import baik yg masih mentah ( Bal Segel ) maupun Bal Sortier .Berikut Daftar Harga Bal Segel Kami :

Bale Campur besar (isi+-600) Rp. 4.000.000 Bale Super Dress (isi +- 700 pcs) Rp. 4.000.000
Bale Dress Butik Rp. 7.500.000
Bale Super Butik (500-550) pcs Rp. 4.500.000
Bale Blouse Butik isi 500-600 pcs Rp. 4.300.000
Bale Super Butik Blouse 500-600 pcs Rp. 4.500.000
Bale Anak Super 700-+ Rp. 4.100.000
Bale Super Butik 700-+ Rp. 7.300.000
Bale Jaket Anak Campur (katun,parasut,canvas) Rp. 2.700.000
Bale Jeans Campur Cowok Cewek Super Rp.4.200.000
Bale Jaket Jeans Campur Cewek Cowok Rp. 4.000.000
Bale Kemeja Flanel Rp. 4.000.000(Japan)/ Rp. 4.300.000(Korea)
Untuk pemesanan hub (085779141852) kami berdomisili di Jakarta
Terimakasih

harga jaket kulit anak mengatakan...

Wah jadi pengen ke pasar senin nih ^^

NiaNastiti mengatakan...

Baru mau nyobain ke Pasaar Senen nih, tipsnya warbiyasak :D

Unknown mengatakan...

Klo boleh tau lokasi dimna min, sy minat beli bal segel import

Priscilla Hillary Fabiola mengatakan...

test. seabad jadi silent rider, ini baru pernah ngetik. coba dulu nyampe ga. test.

Sitibarkah siwan mengatakan...

Hihihi ketawa ketiwi gue baca nya 😁

Anonim mengatakan...

Kalo pakaian bekas ga direndam air panas gimana?