Minggu, 19 Januari 2014

|Fussy Jobless| Drama Titanic di Tambun

Debit air yang tinggi Jumat malam kemaren melumpuhkan sebagian wilayah Jakarta dan Bekasi. Ini banjir terparah selama 10 tahun terakhir, bahkan lebih parah daripada 'kado istimewa' saat ulang tahun gw yang ke 12.

Hujan lebat mulai turun dari jam 10an malem. Intensitas statis, selalu tinggi. Baru sejam hujan berlangsung, air udah menggenangi jalan depan rumah. Masuk ke teras. Gw punya feeling jelek, kalau air bakal nerobos masuk rumah. Akhirnya gw copotin semua kabel yang ada aliran listrik, ngangkatin CPU dan beragam colokan yang ditaronya di bagian bawah rak komputer, trus dimigrasi ke atas buffet. So far, ini aman.

Dan bener aja, nggak lama kemudian air merembes dari pintu. Makin lama batas air makin tinggi karena air di luar ngombak gitu. Pecah! Gw, nyokap, sama Baby ketar ketir nyelamatin barang-barang penting untuk dievakuasi ke lantai atas. Kami memutuskan bersarang di atas setelah air udah sampe sebates punggung kaki.

Di ataspun kami nggak bisa tenang. Terutama gw. Kepikiran, apa lagi yang bisa gw selametin di bawah. Trus gw keingetan map yang isinya printilan skripsi. Langsung gw cabut ke bawah. Saat gw turun, air udah sebates mata kaki. Map itu kan gw taro di laci bawah TV. Pas gw buka, itu map udah kerendem dikit. Langsung gw boyong map, setumpuk kertas dan buku-buku nyawa skripsi ke atas.

Sampe di ataspun gw masih nggak tenang. Masih mikir. Masih nyari nyari terus apa yang bisa diselametin.
Sampe akhirnya nyokap ngajak pasrah. Dan gw bisa sedikit tenang. Udah bisa tidur-tiduran walau mata nggak bisa merem. Itu udah lewat tengah malem.

Masih aja gw gelisah. Akhirnya gw kebawah lagi dan ngeri ngeliat lantai udah nggak keliatan dasarnya sama sekali. Banjir dalem rumah udah setinggi betis. Dalam kurun waktu kurang dari 3 jam, banjir udah setinggi betis. Ini rekor!
Sebelum tidur. Air udah di bawah dengkul.
Feeling so bad, but thank God for the good instinct. Kontainer plastik yang isinya baju-baju dan dokumen penting udah kebalik di air. Gw sama nyokap langsung bawa dokumen-dokumen yang udah kuyup itu ke atas. Alhamdulillah masih bisa ketolong. Seketika tingkat atas jadi lahan jemur lembaran kertas.

Baby udah tidur, jadi gw sama nyokap yang hectic misahin lembar per lembar sertifikat, ijazah, rapot, dan sebagainya. Beberapa udah dilaminating tapi mayoritas belom. Terutama dokumen penting bokap.

Baru sekitar jam setengah 4 kami putuskan buat berenti karena gumoh. Nyokap udah masuk angin, gw udah kelaperan. Akhirnya kami tidur aja. Hujan saat itu udah nggak sederes sebelumnya, walaupun belang-belang gitu. Deres, rintik, deres, rintik. Untung nggak campur geledek.

Besok paginya, adalah hari pertempuran. Kondisi lantai rumah mengenaskan. Udah lumayan surut sih, tapi menyisakan lumpur yang tebel. Gw langsung nyaplok mie goreng telor. Abis makan langsung tidur lagi. Teparnya juara!
KERJA BAKTI!
Kami baru berbenah siangnya karena nunggu air di jalanan bener-bener surut. Tapi di dalem rumah masih semata kaki. Dan capeknya tuh... Oke anggep aja kami sekeluarga lagi nge-gym. Kami berubah jadi ultramen! Emak gw sampe gubah lagu tentang banjir. Gw sampe berhalusinasi nyium aroma pizza.

Dan semalem, ujan lebat kembali singgah. Barang-barang masih diset seperti hasil evakuasi kemaren, jadi nggak perlu gotong sana sini lagi. Sebelum naik ke atas, teras rumah udah rata sama air. Dan kami udah nggak mau turun-turun lagi buat ngeliat tinggi air udah segimana.

Pas bangun Subuh, air di dalem rumah sebates betis bawah. Step pertama tangga kerendem. Kayaknya lebih tinggi dari kemaren. Siang ini harus kerja bakti lagi. Oke, charge tenaga dulu. Tidur lagi sampe surut.
Even worse.

Tidak ada komentar: