Sabtu, 25 Januari 2014

|Fussy Jobless| Gerakan pertama Karang Taruna RT 007, yaay!

Otak ini terus muter, apa lagi yang bisa gw lakuin selama di rumah sambil nunggu panggilan interview lagi. 

Kembali ke beberapa hari yang lalu, seperti kita tahu, ini banjir terparah selama satu dekade terakhir. Ada satu daerah di deket tempat tinggal gw yang emang langganan banjir, di saat perumahan lainnya cuma becek-becek lucu. Dan bisa dibayangkan, separah apa daerah mereka pas banjir parah kemaren? Ada dua orang temen gw yang tinggal di sana, dan gw cuma bisa kontekan dengan salah satunya. Sampai Minggu malam, banjir udah setinggi lebih dari dada orang dewasa. Makanan kurang, air bersih untuk minum dan MCK apalagi. Dan yang bikin makin cemas, temen gw lagi berhalangan. Miris selama chatting sama dia via whatsapp. Untung masih ada colokan listrik yak di sana.

Dia bilang bantuan di sana juga kurang merata di beberapa posko penampungan. Mereka juga butuh perahu karet untuk evakuasi korban yang sakit. Tapi perahu karet nggak nyampe posko penampungannya karena arus air terlalu gede. Sementara di rumah gw air udah surut, kami udah bersih-bersih dan udah bisa leyeh-leyeh. Daripada gw bengong-bengong lagi di rumah, mending gw join jadi tim rescue.

Tapi kendalanya, apalah arti gw untuk bergerak sendirian. Rasanya pengen nolong, pengen ngasih makanan, tapi gimana caranya gw ngasih ke sana. Di Twitter ada sih beberapa akun kayak ACT (Aksi Cepat Tanggap)  dan TDA (Tangan Di Atas) yang buka basecamp di Bekasi. Posko mereka juga ada di Tambun, tapi letaknya agak jauh dari lokasi banjir temen gw. Yang gw sangsikan, kalau gw salurin ke sana, apa bantuannya nyampe ke tempatnya temen gw?

Hari Selasa kemarin, tanggal 21 Januari, gw ngomong ke salah satu remaja RT pengen ngajak Karang Taruna RT gw untuk galang dana buat sumbangan ke sana. Awalnya pesimis, wong perumahan kita juga kebanjiran, masa nyumbangnya ke tempat lain. Sampai gw nyiapin alasan "Tapi kancut ibuk gak anyut, kan?" kalau disemprot sama ibu-ibu.

Akhirnya berbekal izin dari Ketua RT, kami ngiter door-to-door mintain sumbangan sambil bawa kardus. Alhamdulillah, respon mereka positif. Nggak jadi ngeluarin alasan pamungkas yang tolol tadi. Hasil dari muter-muter tadi banyak banget! Uang sejumlah Rp 770.000 dan berdus-dus pakaian layak pakai berhasil terkumpul. Uangnya langsung kami belikan roti, biskuit, mie instan, bubur bayi, pampers, pembalut, karbol, detergen, sama air mineral. Tadinya gw mau beliin celana dalem tapi nggak boleh sama Mas Indra. Padahal kan pasti mereka butuh banget celana dalem bersih :(

Malamnya kami berangkat ke lokasi. Zonk banget, ternyata banjirnya udah surut. Masih ada beberapa jalanan yang tergenang, meski cuma sebatas mata kaki. Posko penampungan di bloknya temen gw pun udah gulung tikar. Sempet ngerasa bersalah karena jadi pahlawan kesiangan. Bantuan pun dilarikan ke posko pusat di perumahannya. Sempet khawatir sih, pembagiannya rata nggak sampai seluruh rumah di sana kebagian. Tapi percaya aja, tim rescue nya pasti profesional. Dan lebih gampang nyalurinnya kalo banjir udah surut begini.

FYI, Karang Taruna di RT gw itu sebenernya belum resmi terbentuk. Susunan organisasi pun belom ada. Tapi kami pengen suatu saat nanti, pasti secepetnya, kami bakal jadi sekumpulan remaja berguna yang punya segudang ide dan kegiatan buat RT.

(Foto-foto nyusul, ya!)

Tidak ada komentar: